Kamis, 14 November 2013

Proposal Pertandingan

P R O P O S A L
PERTANDINGAN TINGKAT
SEKOLAH SMP MAHDIA PALEMBANG

I.                   LATAR BELAKANG
Pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan bagian upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Di Indonesia pembinaan ini diarahkan pada peningkatan jasmani, mental, rohani, membentuk watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas tinggi guna meningkatkan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional.
Bola Bastet  sebagai salah satu olahraga yang popular baik ditingkat Internasional maupun nasional, dalam perkembangannya saat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia baik masyarakat umum maupun kalangan mahasiswa. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya kejuaraan Bola basket yang diadakan baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.
maha siswa bina darma fkip olahraga  bermaksud menyelenggarakan Turnamen Bola Basket tikat SMP sekolah mahdia palembang. Pada turnamen ini dapat diharapkan menjadi ajang ukur kemampuan Bola Basket di kalangan pelajar.

II.                TUJUAN
1.      Meningkatkan prestasi dan memupuk sportivitas antar pelajar siswa
2.      Meningkatkan tali persaudaraan dan hubungan antar pelajar smp
3.      Mendorong peran serta aktif masyarakat Indonesia dalam meningkatkan prestasi Bola Basket
4.      Mencari bakat siswa dalam Bola basket

III.             TEMA KEGIATAN
Tema kegiatan ini adalah pertandingan tingkat sekolah smp mahdia palembang″ meningkatkan harkat, martabat, prestasi bola Basket Indonesia Menuju kemandirian dan profesionalisme”.

IV.             WAKTU DAN TEMPAT
Tanggal       :  26 november 2012 – 1 desember 2012
Tempat        : Lapangan universitas bina darma pelambang (4)









V.                SUSUNAN ACARA / KONSEP PERTANDINGAN
1. Peraturan Umum
  1. Peserta pertandingan adalah satuan pelajar SMP yang berada di kota palembang
 2. Peraturan Khusus
  1. Pemain wajib menggunakan pakaian olahraga.
  2. Pemain wajib mentaati peraturan yang dibuat panitia pelaksana.
  3. Dalam hal terjadi keributan, maka kedua Tim dinyatakan gugur dan tidak diperkenankan mengikuti pertandingan berikutnya.
  4. Jika terjadi terdapat Tim yang tidak hadir tepat pada waktunya, maka panitia pelaksana menunggu selama 20 (dua puluh) menit. Jika tidak hadir maka dinyatakan kalah WO.
  5. Kapten Tim wajib mengisi susunan pemain dan menyerahkan kepada panitia pelaksana 5 (lima) menit sebelum pertandingan.
  6. Hal-hal lain yang belum diatur dalam peraturan ini akan ditentukan pada saat pertandingan berdasarkan kesepakatan dari semua Tim yang bertanding.
2.     Petunjuk Teknis
Untuk sistem pertandingan menggunakan sistem bertemu (grup) bagi putra dan putri lalu dilanjutkan dengan babak semifinal antara peringkat 1 dan 2 dengan poin tertinggi. Adapun poin pertandingan dalam grup yaitu :
  • Tim yang menang mendapatkan 2 poin dan tim yang kalah (termasuk WO) mendapatkan 1 poin.
  • Apabila pada klasemen terdapat dua tim yang memiliki poin yang sama akan dilihat dari selisihscore, tim yang selisih scorenya lebih besar akan menduduki peringkat lebih tinggi.
  • Apabila kedua tim tersebut memiliki selisih score sama, akan dilihat dari head to headpertandingan antara kedua tim. Tim yang pada head to head menang akan menduduki peringkat lebih tinggi.
  • Tim yang menduduki peringkat 1 dan 2 di groupnya masing-masing akan memasuki tahap tournament selanjutnya, yaitu babak semifinal.
Waktu pertandingan adalah 2 x 15 menit pa dan pi, dengan ketentuan yaitu :
  • Pertandingan menggunakan waktu semi bersih
  • Pada babak 1-2 menggunakan waktu kotor, dimana Free Throw dan bola keluar lapangan waktu tidak dihentikan, kecuali pada 2 menit terakhir babak ke-2 dan babak tambahan menggunakan waktu bersih.
  • Pada babak Final menggunakan waktu bersih
  • Waktu time out 1 Menit. Maksimal 3x time out/pertandingan
  • Waktu pemanasan 5 menit di awal pertandingan
  • Tim diharuskan sudah hadir 10 menit sebelum pertandingan, tidak ada panggilan keterlambatan. Apabila 5 menit setelah jadwal pertandingan (waktu pemanasan) tim tidak ada, tim yang tidak hadir dianggap kalah atau menjalani pertandingan berhalangan (WO).








VI.             JADWAL PERTANDINGAN
NO
kegiatan
pelaksanaan
hari
Tanggal/bulan
waktu
tempat
1
Pendaftaran peserta
Jum’at - minggu
23-25 november
07.00- 14.00
Kantor universitas bina darma
2
pertandingan
Senin- sabtu
26-01 desember
08.00-14.00
Lapangan universitas bina darma
3
Pengumuman hasil pemenang pertandingan
sabtu
01 desember
14.30
Lapangan universitas bina darma





























VII.          PENGHARGAAN
1.      Putra
a.       juara 1
·         Piala
·         Uang cash Rp.3.000.000
b.      Juara 2
·         Piala
·         Uang cash Rp.2.000.000
c.       Juara 3
·         Piala
·         Uang cash Rp.1.000.000

2.      Putri
a.       juara 1
·         Piala
·         Uang cash Rp.3.000.000
b.      Juara 2
·         Piala
·         Uang cash Rp.2.000.000
c.       Juara 3
·         Piala
·         Uang cash Rp.1.000.000































VIII.       BAGAN PERTANDINGAN

















































IX.           Tugas panitia

1.      KETUA PANITIA

Fungsi dan Tugas kerja ketua adalah sebagai berikut :

a.       Tugas utama seorang ketua sebagai pemimpin organisasi adalah Merencanakan perencanaan (merencanakan hal/ kegiatan yang akan dilakukan), Mengorganisir (mengatur dan membagi tugas dan tanggungjawab/ pendelegasian kepada bawahan), Mengontrol, (mengecek atau meminta laporan kemajuan kegiatan), serta mengkordinasi, Membagi tugas dan kerja sama antar seksi – seksi dalam kegiatan diluar maupun saat saat rapat.
b.      Melakukan negosiasi dengan PEMDA sebagai pelindung, terutama mengenai Kesejahteraan mahasiswa
c.       Bertanggungjawab terhadap segala sesuatu/ kegiatan yang telah diprogramkan oleh setiap seksi
d.      Memimpin dan menyetujui segala keputusan rapat.
e.      Memberikan teguran kepada seksi – seksi dan anggota bila tidak menjalankan tugas
f.        Memberikan laporan kegiatan dari kordinator – kordinator seksi
g.        Membagi tugas dan fungsi kerja, serta meminta masukan dari wakil ketua
h.      Memberikan mandate kepada wakil bila ada halangan
i.         Memberikan surat perintah kerja/ mandate kepada anggota untuk menjalankan tugas
2.      WAKIL KETUA PANITIA
Fungsi dan Tugas kerja wakil ketua adalah sebagai berikut :
a.       Membantu ketua dan bertanggungjawab kepada ketua apabila dalam pengambilan keputusan ketua tidak ada. Wakil ketua dapat menggantikan ketua dalam pengambil suatu keputusan
b.       Memimpin rapat – rapat atas kesepakatan ketua, serta meminta masukan kepada ketua sebelum mengambil keputusan
c.       Wakil ketua tidak mempunyai kewenangan sebelum ada keputusan ketua, namun dalam segala sesuatu yang bersifat darurat wakil ketua berhak untuk mengambil kebijakan yang selayaknya.
d.      Memberi saran, kritik, serta nasehat kepada kepanitiaan tertentu, secara lisan demi kesuksesan kepanitiaan tersebut
e.      Menggantikan ketua apabila ketua keluar daerah, berdasarkan surat mandat kerja yang diberikan oleh ketua kepada wakil ketua.
3.      PENASEHAT
Fungsi dan Tugas kerja penasehat adalah sebagai berikut :
a.       Memberikan saran dan kritik atas rencana anggaran Badan Pengurus Harian Panitia, rencana usaha dana, dan rencana pelaksanaan kegiatan, bila dianggap perlu.
b.      Mengontrol berjalannya acara kegiatan Badan Pengurus Harian panitia, misalnya kinerja BPH seksi - seksi.
c.       Memberikan motivasi, inspirasi, serta teguran kepada BPH dan Seksi kepanitiaan
d.      Mencari jalan keluar (solution) bila terjadi beda pendapat dalam kegiatan




4.      PENANGGUNG JAWAB
Fungsi dan Tugas kerja Penanggungjawab adalah sebagai berikut :
1. Memberikan saran, kritik, serta ide – ide kepada BPH Panitia
2. Memberikan bantuan kepada secara moril maupun meteril kepada Panitia dan seksi-seksi
3. Mencari solusi serta menyelesaikan bila terjadi permasalahan
4. Bertanggungjawab atas kegiatan yang dilaksanakan
5.      SEKRETARIS
Suatu organisasi hidup atau mati secara administrasi ada di tangan sekretaris. Fungsi dan Tugas kerja sekretaris adalah sebagai berikut :
a.       Membuat surat undangan rapat
b.      Membuat surat permohonan bantuan dana (proposal)
c.       Mencatat hasil – hasil keputusan rapat BPH dan Anggota, termasuk semua usulan, kritik dan saran
d.      Membuat surat keputusan yang dikeluarkan ketua/ wakil ketua, surat keputusan delegasi dan surat keputusan koordinator seksi – seksi
e.      Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan Kegiatan kepanitiaan dan laporan keuangan, atas pelaksanaan kegiatan
f.        arsip surat masuk atau keluar
g.       Mengetahui dan mencatat nomor surat masuk dan keluar
h.      Menyimpan peralatan sekretaris (stempel, bantal, dll) di ruang sekretariatan
i.         Menata dan menyimpan file – file / data pada kotak atau lemari BPH atau computer dll.
6.      WAKIL SEKERTARIS
Fungsi dan Tugas kerja Wakil Sekrtaris Bendahara adalah sebagai berikut :
a.       Membantu Sekertaris dalam menyusun dan menata tugas-tugas sekertaris.
b.      Bekerja sama dengan Biro kesekretariatan.
c.       Menjaga dan Merawat Fasilitas Perhimpunan.
7.      BENDAHARA
Fungsi dan Tugas kerja Bendahara adalah sebagai berikut :
a.       Menyimpan dan mengeluarkan uang kepanitiaan
b.      Membukukan segala pengeluaran dan menerima dan mencatat tanggal uang masuk beserta sumber dan jumlah dana
c.       Mengeluarkan uang serta mencatat jumlah (banyaknya uang), tanggal, penerima, serta kegunaan uang tersebut
d.      Menyediakan nota (kwitansi) uang masuk dan dan meminta nota pembelian atas kegunaan dana
e.      Membuat laporan keuangan, dan membukukan keuangan iuran pokok, wajib maupun sumbangan sukarela anggota
f.        Meminta persetujuan ketua sebelum mengeluarkan uang, dan dapat berkoordinasi dengan anggota
8.      WAKIL BENDAHARA
Fungsi dan Tugas kerja Wakil Bendahara adalah sebagai berikut :
a.       Menjalin Hubungan dengan Bendahara Umum dalam melaksanakan tugas Kepanitiaan
b.       Mendata aktifa Tetap sebagai kekayaan-kekayaan kepanitiaan.
c.       Bersama ketua Panitia mencari jalan keluar dalam hal ini mencari dana kepanitiaan.
d.       Bekerja sama dengan Biro Usaha Dana dalam hal ini penggalangan Usaha Dana.
SEKSI – SEKSI
1.      SEKSI ACARA
Fungsi dan Tugas kerja seksi acara adalah sebagai berikut :
a.       Menyusun rencana kegiatan
b.      Mengatur, memimpin semua kegiatan
c.       Membagi tugas dan tanggungjawab mengenai hal – hal teknis pada saat kegiatan berlangsung misalnya, moderator,pemimpin acara, pembicara, Narasumber singgers, pemain musik dll
d.      Mengatur waktu, tempat dan membagi tugas masing – masing anggota saat acara.
e.       Mengatur dan memberi tugas mengenai kegiatan seminar misalnya menghubungi pembicara, moderator dll dan bekerja sama dengan seksi lain seperti, seksi humas, dekorasi, publikasi dan dokumentasi, perlengkapan, keamanan dan kesehatan.
f.       Mengkoordinasi dengan seksi – seksi olahraga dan rekreasi, mengenai pengaturan waktu, tempat (lapangan) untuk melakukan kegiatan tersebut.
2.      SEKSI PERLENGKAPAN
Fungsi dan Tugas kerja seksi perlengkapan adalah sebagai berikut :
a.       Mencari tahu semua kebutuhan seksi, terutama peralatan kesekretariatan dan usaha dana
b.       Mengecek peralatan dan kebutuhan seksi
c.       Melaporkan kelebihan dan kekurangan kebutuhan kepada BPH paniti atau ketua
d.      Mendata dan mencatat semua alat yang berupa pinjaman
e.        Menjaga semua peralatan milik BPH dan dapat bekerja sama dengan seksi keamanan
3.      SEKSI PERLOMBAAN
Fungsi dan Tugas kerja seksi perlombaan adalah sebagai berikut :
a.       Membuat jadwal kegiatan olahraga dan rekreasi pada saat pelaksanaan
b.      Memimpin dan mengatur semua pertandingan perlombaan seperti perlombaan Pidato, mengarang, Pop Singer kategori Dewasa dan Remaja, dll
c.       Dalam pengaturan waktu, dapat bekerja sama seksi acara, berdasarkan jumlah peserta dan kelengkapan BPH
4.      SEKSI KONSUMSI
Fungsi dan Tugas kerja seksi konsumsi adalah sebagai berikut :
a.       Meyediakan Makanan Ringan = SNEC, Berat = NASI dan Minuman pada saat kegiatan berlangsung.

5.      SEKSI KEAMANAN
Fungsi dan Tugas kerja seksi keamanan adalah sebagai berikut :
a.       Menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan termasuk menjaga dan mengamankan fasilitas kesekretariatan
b.      Menjaga keamanan pada saat kegiatan usaha dana (pertandingan)
c.       Menjaga peralatan dan kelengkapan kesekretariatan
d.      Untuk menjaga dan mengamankan, kegiatan perlu kerja sama dengan pihak ketiga
6.      SEKSI KESEHATAN
Fungsi dan Tugas kerja seksi kesehatan adalah sebagai berikut :
a.       Apabila peserta/pasien sakit, meyediakan obat sesuai diagnose/penyakit,
7.      SEKSI DEKORASI
Fungsi dan Tugas kerja seksi Dekorasi adalah sebagai berikut :
a.       Melengkapi dekor Ruangan
b.      Potong Tema kegiatan dan Rias Ruangan.
8.      SEKSI DOKUMENTASI
a.       Membuat dokumen pertandingan berlangsung
b.      Mengambil gambar-gambar pertandingan

























X.                SUSUSAN KEPANITIAN

Penanggung Jawab     :

Ketua Pelaksana          :
Penasehat                    : Irzak.M.kes
Wakil                           : Aldo tobing
Seketaris                      : Yanzi berata
Bendahara                   : ramli 

SEKSI-SEKSI ACARA
Seksi Dokumentasi     :  
Ketua                          : helmi alberi
Anggota                      :1.  intan
                                    :2. arzula
                                    :3. boby
                                    :4. juni
Seksi Perlengkapan     :
Ketua                          : alex
Anggota                      :1. septian
                        :2. eka
                        :3. Anton
                                    :4. dedi
Seksi Konsumsi           :
Ketua                          :andi saputra
Anggota                      :1. Abdul rahman                    6.lisa
                                    :2.merry                                   7.hein
                                    :3. Emi                                     8.dewi
                                    :4.eli
                                    :5.yudi
                                    :6. aris
Seksi keamanan           :
Ketua                          : firmansyah
Anggota                      :1. firmansyahputra
                                    :2. guruh saputra
                                    :3. Eko
                                    :4. Meko
                                    :5. Justin
Seksi perlombaan        :
Ketua                          : suprapto
Anggota                      :1. vindy
                                    :2. Tandy
                                    :3.valdy
                                    :4.yusuf
Seksi kesehatan           :
Ketua                          : yudi
Anggota                      :1.Yanti                       5.astri
                                    :2.yuni                         6. didi
                                    :3. Anti                        7.kiki
                                    :4.sari                           8.sasa




XI.             ANGGARAN BIAYA
·         PEMASUKAN
Dana pemberian pak wakimun M.pd : Rp. 60.000.000
·         PENGELUARAN

                            i.      uang cash juara 1                                      :Rp.6.000.000
                          ii.      uang cash juara 2                                      : Rp.4.000.000
                        iii.      uang cash juara 3                                      : Rp.2.000.000
                        iv.      Piala juara 1                                              : Rp.2.000.000
                          v.      Piala juara 2                                              : Rp.1.000.000                       
                        vi.      Piala juara 3                                              : Rp.   800.000
                      vii.      Makanan dan minuman                            : Rp.9.120.000
                    viii.      P3K                                                          : Rp.800.000
                        ix.      Gaji panitia                                               : Rp. 12.000.000
                          x.      Gaji wasit                                                 : Rp. 9.000.000
                        xi.      Perlengkapan pertandingan                      : Rp.1.000.000
                      xii.      Dokumentasi                                            :Rp.300.000
                    xiii.      sewa 4 lapangan   selama 6 hari               : Rp.10.000.000
                    xiv.      Dana tak terduga                                     : Rp.1.980.000       +
  Rp.60.000.000


































XII.          PENUTUP

Demikianlah proposal ini dibuat dalam rangka pertandingan sekolah smp mahdia palembang dengan harapan agar dapat meningkatkan daya saing dan tercipta pemikiran positif dari kalangan masyarakat umum sehingga kegiatan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak.

           





palembang25 nopember 2012















































XIII.       HALAMAN PENGESAHAN


pertandingan
tingkat sekolah smp mahdia palembang
tanggal 26  S/D 1 desember 2012

                                               












Penanggung jawab                                        Ketua                                          Sekretaris







Wakimun M.pd                                      Ahman Rahim                                  Yanzi Berata






0 comments:

Posting Komentar