Jumat, 31 Mei 2013

makalah ilmu faal



KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah, segala puji hanya diserahkan kepada Allah SWT yang telah mensyariatkan hukum Islam kepada umat manusia.
Salawat dan salam kami panjatkan semoga Allah SWT melimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai pembawa syariat Islam untuk diimani, dipelajari dan dihayati serta diamalkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Berkat karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan Tugas Makalah ini.
Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Drs. Winoto Chandra, M.Kes sebagai guru pembimbing yang telah membantu proses penyelesaian Tugas Makalah ini. Tak lupa juga terima kasih  kami juga ucapkan untuk teman-teman yang ikut terlibat dalam proses penyelesaian Makalah ini.
Semoga Tugas Makalah ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi pembacanya. Kami menyadari Makalah ini masih banyak kekurangannya, karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.

        Palembang,  April 2011


        Penulis









DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
Bab I   Pendahuluan  ....................................................................................       1
            A. Latar Belakang ............................................................................       1
            B. Permasalahan ..............................................................................       2
            C. Tujuan Penulisan .........................................................................       3
Bab II Pembahasan ......................................................................................       4
            A. Macam-macam Olahraga dan Manfaatnya .................................       4
            B. Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan .............................................       6
Bab III Penutup ............................................................................................       7
            A. Kesimpulan .................................................................................       7
            B. Saran ...........................................................................................       7
Daftar Pustaka






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Gerak adalah ciri kehidupan. Tiada hidup tanpa gerak dan apa guna hidup bila tak mampu bergerak. Memelihara gerak adalah mempertahankan hidup, meningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkan kualitas hidup. Oleh karena itu: Bergeraklah untuk lebih hidup, jangan hanya bergerak karena masih hidup.
Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak (yang berarti mempertahankan hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak (yang berarti meningkatkan kualitas hidup). Seperti halnya makan, gerak (Olahraga) merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya terus-menerus; artinya Olahraga sebagai alat untuk mempertahankan hidup, memelihara dan membina kesehatan, tidak dapat ditinggalkan. Seperti halnya makan, olahragapun hanya akan dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kesehatan pada mereka yang melakukan kegiatan olahraga. Bila orang hanya menonton olahraga, maka sama halnya dengan orang yang hanya menonton orang makan, artinya ia tidak akan dapat merasakan nikmatnya berolahraga dan tidak akan dapat memperoleh manfaat dari olahraga bagi kesehatannya.
Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkem-bangan fungsional jasmani, rohani dan sosial. Struktur anatomis-anthropometris dan fungsi fisiologisnya, stabilitas emosional dan kecerdasan intelektualnya maupun kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungannya nyata lebih unggul khususnya pada generasi muda yang aktif mengikuti kegiatan Olahraga dari pada yang tidak aktif mengikutinya (Renstrom & Roux 1988, dalam A.S.Watson: Children in Sport dalam Bloomfield,J., Fricker, P.A. and Fitch,K.D., 1992). Penulis meyakini benar bahwa hal demikian juga berlaku bagi para lansia yang aktif dalam olahraga.
Walaupun olahraga itu penting, tetapi masih banyak orang yang belum menyadarinya. Banyak penyakit yang bersumber dari pola hidup yang salah, seperti kurang bergerak dan berolahraga, serta kurang istirahat dan lupa makan. Orang-orang beralasan, mereka terlalu sibuk untuk berolahraga. Padahal olahraga sangat dibutuhkan. Olahraga juga dapat menghilangkan stres. Yoga misalnya, olahraga ini dapat menimbulkan ketenangan batin. Karena itulah, dalam makalah ini akan dituliskan betapa pentingnya berolahraga, agar masyarakat sadar dan merubah pola hidupnya.

B.     Permasalahan
Olahraga menyehatkan! Inilah ungkapan masyarakat. Masyarakat meyakini benar manfaat olahraga bagi kesehatan. Tetapi bagaimana olahraga dapat menyehatkan dan berapa berat orang harus melakukan olahraga untuk menjadi lebih sehat?
Inilah masalah yang perlu diperjelas bagaimana tata-hubungan antara olahraga dengan kesehatan, bagaimana cara melakukan olahraga untuk kesehatan dan berapa berat olahraga harus dilakukan agar orang menjadi lebih sehat. Perlu diketahui bahwa pada awal abad 21 usia harapan hidup diperkirakan mencapai 70 tahun. Hal ini akan meningkatkan jumlah orang usia lanjut, yang diperkirakan pada tahun 2005 ini mencapai jumlah 19 juta orang atau 8,5% dari penduduk (Dep.Sosial RI.,1996: 1 dan 6). Dari sudut pandang kesehatan masyarakat, kondisi ini perlu diantisipasi agar para usia lanjut ini tetap sehat, sejahtera dan mandiri, sehingga tidak menjadi beban berat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

C.    Tujuan Penulisan
Sehat adalah nikmat karunia Allah yang menjadi dasar bagi segala nikmat dan kemampuan. Nikmatnya makan, minum, tidur serta kemampuan bergerak, bekerja dan berfikir akan berkurang atau bahkan hilang dengan terganggunya kesehatan kita. Oleh karena itu kita harus selalu mensyukuri nikmat sehat karunia Allah ini dengan memelihara dan bahkan meningkatkannya, khususnya melalui Olahraga Kesehatan.














BAB II
PEMBAHASAN

A.    Macam-macam Olahraga dan Manfaatnya
1.      Jogging
Ini adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, kbugaran, dan stamina. Tidak perlu punya keahlian khusus agar dapat melakukan jogging, semua orang dari segala usia dan kalangan dapat melakukan jogging. Oleh karena itu, jogging termasuk salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan, banyak manfaat yang bisa diperoleh, antara lain :
·         Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan.
·         Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan.
·         Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif.
·         Dapat membantu mengatasi masalah dengan selera makan.
·         Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan.
·         Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.
·         Membuat tidur lebih nyenyak.
·         Menetralkan depresi.
Selain manfaat-manfaat di atas, jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, kelelahan tidak akan terasa meskipun telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang dilakukan sebelumnya. Manfaat yang dirasakan ialah merasa nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.

------------------------------------------------------------------------------------>>>
 untuk dapat membaca lebih lanjut,lebih rapi, dan sampai daftar pustaka silakan download file makalah ilmu faal di bawah ini ^_^
Download Button
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar