This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 30 Juni 2011

Tips memilih Laptop atau Notebook

Laptop or NotebookKetika anda ingin membeli Laptop atau Notebook, ada beberapa panduan yang bisa anda jadikan referensi dalam melakukan pemilihan terhadap merek, tipe dan spesifikasi dari Laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tips dan Trik memilih Laptop ini dikutip dari Forum Anugrahpratama.

Memilih notebook yang cocok bisa menjadi aktifitas yang menakutkan. Kita akan diperhadapkan dengan pilihan yang sangat luas, dan kita bisa salah menentukan pilihan jika tidak berhati-hati dalam memilih.
Berikut ini adalah panduan dasar yang akan menolong kita untuk mengambil keputusan penting ketika memilih notebook.

Hal yang paling utama
Paling utama, kita harus menentukan notebook tersebut akan kita gunakan untuk apa? Aplikasi atau program apa yang akan sering kita gunakan? Apakah akan sering kita bawa bepergian? Apakah Anda memiliki kebutuhan yang spesifik?

Panduan Umum
Anda memerlukan beberapa panduan dasar untuk memulai pencarian. Berapa nilai uang yang Anda anggarkan? Berapa ukuran layar yang Anda inginkan?

Panduan khusus
Spesifikasi notebook/laptop yang bagaimana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Haruskah saya menunggu yang lebih baik atau membeli sekarang juga?
Setelah Anda menjawab beberapa pertanyaan ini, pencarian Anda akan menjadi lebih mudah karena pilihannya menjadi lebih spesifik.

Aplikasi apa yang Anda akan gunakan?
Jika Anda memainkan games 3D atau menggunakan aplikasi 3D seperti CAD, Anda memerlukan notebook dengan VGA memory yang dedicated (non shared). Sebaliknya jika Anda tidak menggunakan aplikasi atau game 3D, maka pilihlah laptop dengan VGA memory yang terintegrasi (integrated VGA memory). Notebok dengan VGA memory terintegrasi lebih hemat battery dan lebih murah.

Apakah Anda akan sering membawanya?
Jika ya, berat dan ukuran menjadi faktor penentu untuk mengambil keputusan. Layar laptop memiliki ukuran bervariasi 15.4”, 14.1”, 13.3”, 12.1” hingga 8” dan sangat mempengaruhi beratnya. Semakin besar ukurang layar, laptop tersebut semakin berat. Laptop dengan layar 15.4” mempunyai berat sekitar 2.9 kg, 14.1” sekitar 2.3kg, 13.3” sekitar 2.1kg, 12.1” sekitar 1.9kg. Namun semakin kecil laptop, biasanya harganya akan semakin mahal pula.

Jika Anda akan sering menggunakan laptop dijalan, dimana Anda akan kesulitan mencari sumber listrik untuk mengisi baterry, pertimbangkan juga daya tahan battery.
Jika Anda tidak sering membawa notebook Anda bepergian, notebook dengan layar lebih besar bisa menjadi pilihan. Notebook dengan layar 17” biasanya dilengkapi dengan VGA yang canggih, layar resolusi tinggi dan berbagai fitur yang bagus.

Ada kebutuhan khusus?
Apakah ada kriteria atau kebutuhan yang khusus dalam Anda membeli notebook? Pastikan kebutuhan Anda terpenuhi sebelum menentukan pilihan. Apakah ada accessories atau alat tambahan yang akan Anda hubungkan ke notebook Anda? Cek apakah notebook pilihan Anda memiliki port input/output yang sesuai.

Berapa anggaran Anda?
Anggaran Anda akan menentukan beberapa hal. Sekalipun ada notebook yang ditawarkan dengan harga murah, pada intinya Anda akan mendapat sesuai dengan berapa Anda membayar. Banyak sekali penawaran laptop dari yang termurah dibawah 5 juta, hingga diatas 20 juta rupiah. Ada yang menawarkan lebih dengan harga murah dan ada juga yang sebaliknya.
Mebuat notebook dengan performa yang tinggi atau menggunakan material yang berkualitas tinggi perlu biaya yang mahal dan membuat harga notebook tersebut menjadi mahal. Laptop yang ditawarkan dengan harga murah, biasanya menggunakan komponen yang lebih rendah kualitasnya.

Apa tipe layar, ukuran dan resolusinya?
Menentukan layar yang tepat adalah penting. Ini adalah bagian notebook yang paling sering Anda gunakan. Pastikan Anda memilih yang paling sesuai dengan keperluan Anda.

LCD layar lebar, 16:9, saat ini mendominasi pasar, bersama dengan model layar glossy. Layar yang glossy lebih kelihatan terang, jelas, tajam dan kontrasnya lebih baik. Tapi juga membuat mata lebih cepat lelah jika dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Memilih ukuran yang tepat juga penting. Layar berukuran kecil, lebih cocok untuk dibawa bepergian. Layar yang besar lebih sesuai untuk pengguna yang jarang bepergian.

Resolusi layar menentukan berapa banyak isi desktop. Resolusi tinggi memberikan ruang desktop yang lebih besar, dilain pihak icon dan tulisan menjadi kelihatan lebih kecil. Namun kita masih bisa mengubah resolusi layar dan ukuran tulisan.

Apa spefisikasi hardwarenya?

Processor
Intel vs. AMD?
Banyak sekali perdebatan mengenai kedua perusahaan ini. Namun sebenarnya kedua perusahaan ini adalah pembuat prosesor terbaik di dunia dan saling berlomba mengembangkan jenis prosesor terbaik. Saat ini prosesor Intel untuk notebook, memiliki teknologi lebih baik untuk menghemat battery. Tapi kebanyakan pengguna tidak akan menemui kesulitan apapun merk prosesornya. Karena tidak ada perbedaan performa yang mencolok antara keduanya. Notebook dengan prosesor AMD biasanya lebih murah harganya.

Teknologi Intel Mobile Processor terkini
• Pentium M (Dothan) – Digunakan pada noteboook yang diproduksi sekitar tahun 2004. Teknologi ini dibuat khusus untuk digunakan di notebook dan beroperasi dengan kebutuhan daya yang lebih kecil dan lebih dingin dibanding pendahulunya.
• Celeron M (Dothan and Yonah) – Prosesor single core (satu inti) yang murah, sesuai untuk menjalankan hampir semua aplikasi dasar, seperti office dan grafis. Tetapi tidak mampu mendukung aplikasi yang berat.
• Core Solo (Yonah) – Prosesor murah yang dibuat dari struktur Core Duo , tetapi hanya memiliki 1 inti CPU aktif. Core Solo menggantikan Pentium M pada tahun 2006.
• Core Duo (Yonah) – Teknologi dual-core (dua inti) pertama dari Intel. Core Duo (32-bit) membuat 2 CPU aktif pada 1 prosesor tanpa meningkatkan konsumsi daya.
• Core 2 Duo (Merom) – Versi 64-bit dari Core Duo, performanya sedikit lebih baik dari Core Duo dan bisa menjalankan Windows Vista dan aplikasi 64-bit lainnya.

Teknologi AMD’s Mobile Processors terkini
• Sempron – Prosesor 1 inti murah yang terdapat pada notebook lama. Sebagai pengganti dari Athlon. Versi terbaru sudah mendukung aplikasi 64-bit.
• Turion 64 – Prosesor 1 inti, 64-bit dengan konsumsi daya yang lebih rendah dari Sempron
• Turion 64 x2 – Versi Dual Core, 64-bit dari Turion

GPU
Nvidia vs. ATI?
Ini adalah topik perdebatan yang juga populer. Keduanya memproduksi kartu grafis yang bagus. Nvidia lebih baik dalam teknologi OpenGL dan dukungan Linux. Sedangkan ATI mempunyai kemampuan lebih baik di game, anti-aliasing dan anisotropic filtering. Tidak ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya.

Paling penting Anda mengetahui seberapa besar kebutuhan program yang Anda gunakan terhadap kartu grafis. Jika Anda menggunakan aplikasi 3D atau game yang berat, Anda akan memerlukan VGA dedicated dengan performa yang tinggi. Jika tidak, VGA Intel GMA 900/950 yang terintegrasi sudah lebih dari cukup

RAM
Dari semua komponen di notebook, jumlah RAM yang terinstall akan mempunyai efek yang paling kentara. Semakin besar RAM, semakin cepat semua aplikasi akan berjalan. Saat ini, 512MB adalah minimum, dan sangat disarankan Anda memiliki 1GB, terutama jika Anda menjalankan Windows Vista. Jika Anda banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking), Anda perlu mempertimbangkan untuk upgrade ke 2GB.
Tidak ada perbedaan mencolok antara 533Mhz dan 667Mhz.
RAM juga merupakan salah satu komponen yang paling mudah di upgrade, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri.

Hard Drive
Berapa banyak kapasitas penyimpanan yang Anda perlukan? Apakah Anda berencana menyimpan banyak sekali file, musik, video atau foto? Jika ya, Anda memerlukan kapasitas Harddisk yang lebih besar. Tapi jika Anda memiliki dana yang terbatas, membeli harddisk external akan lebih murah dan bisa menjadi pilihan.

Optical Drive
Saat ini hampir semua laptop sudah dilengkapi dengan DVD writer, yang juga bisa berfungsi sebagai CD writer, DVD reader dan CD reader.

Wireless
Saat ini semua laptop juga sudah dilengkapi dengan teknologi wireless. Kebanyakan notebook sudah dilengkapi dengan Intel PROSET 3945 802.11 a/b/g Wireless card.

Battery
Jika Anda berencana sering menggunakan laptop Anda tanpa menancapkan kabel charger ke listrik, Anda memerlukan kapasitas battery yang cukup. Saat ini rata-rata battery notebook mampu bertahan sekitar 2-3 jam.

Bagaimana memilih Garansi?
Beberapa vendor notebook sudah menawarkan perpanjangan masa garansi dengan harga yang cukup terjangkau. Jika Anda ingin menggunakan notebook untuk jangka panjang, tidak ada salahnya mempertimbangkan membeli perpanjangan garansi dengan harga yang berkisar antara 5-10% harga notebook.

Beli sekarang atau tunggu?
Teknologi notebook berubah secara kontinu. Selalu akan ada teknologi yang lebih cepat atau lebih baru. Dan ini tidak bisa dihindari.
Jadi ketika Anda memerlukan notebook saat ini, pastikan bahwa teknologi yang ada cukup mampu untuk memenuhi keperluan Anda. Jika kebutuhan Anda tidak mendesak, Anda bisa menunggu.
Tetapi jika kebutuhan Anda mendesak, tetap ada pilihan untuk tukar tambah dikemudian hari.
Diambil dari forum.anugrahpratama.com

Senin, 27 Juni 2011

sejarah komputer

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Generasi komputer
[sunting] Generasi Pertama

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW.

Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
[sunting] Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
[sunting] Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
[sunting] Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
[sunting] Generasi Kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

Jumat, 24 Juni 2011

cara cepat menggunakan keyboard

1. CTRL+C (Copy)
2. CTRL+X (Cut)
3. CTRL+V (Paste)
4. CTRL+Z (Undo)
5. DELETE (Delete)SHIFT+DELETE (Delete the selected item permanently without placing the item in the Recycle Bin)
6. CTRL+SHIFT while dragging an item (Create a shortcut to the selecteditem)
7. F2 key (Rename the selected item)
8. CTRL+RIGHT ARROW (Move the insertion point to the beginning of the next word)
9. CTRL+LEFT ARROW (Move the insertion point to the beginning of the previous word)
10. CTRL+DOWN ARROW (Move the insertion point to the beginning of the next paragraph)
11. CTRL+UP ARROW (Move the insertion point to the beginning of the previous paragraph)
12. CTRL+SHIFT with any of the arrow keys (Highlight a block of text)
13. CTRL+A (Select all)
14. F3 key (Search for a file or a folder)
15. ALT+ENTER (View the properties for the selected item)
16. ALT+F4 (Close the active item, or quit the active program)
17. ALT+ENTER (Display the properties of the selected object)
18. ALT+SPACEBAR (Open the shortcut menu for the active window)
19. CTRL+F4 (Close the active document in programs that enable you to have multiple documents open simultaneously)
20. ALT+TAB (Switch between the open items)
21. ALT+ESC (Cycle through items in the order that they had been opened)
22. F6 key (Cycle through the screen elements in a window or on the desktop)
23. F4 key (Display the Address bar list in My Computer or Windows Explorer)
24. SHIFT+F10 (Display the shortcut menu for the selected item)
25. ALT+SPACEBAR (Display the System menu for the active window)
26. CTRL+ESC (Display the Start menu)
27. ALT+Underlined letter in a menu name (Display the corresponding menu)
28. F10 key (Activate the menu bar in the active program)
29. RIGHT ARROW (Open the next menu to the right, or open a submenu)
30. LEFT ARROW (Open the next menu to the left, or close a submenu)
31. F5 key (Update the active window)
32. BACKSPACE (View the folder one level up in My Computer or Windows Explorer)
33. ESC (Cancel the current task)
34. SHIFT when you insert a CD-ROM into the CDROM drive (Prevent the CD-ROM from automatically playing)
35. CTRL+TAB (Move forward through the tabs)
36. CTRL+SHIFT+TAB (Move backward through the tabs)
37. TAB (Move forward through the options)
38. SHIFT+TAB (Move backward through the options)
39. ALT+Underlined letter (Perform the corresponding command or select the corresponding option)
40. ENTER (Perform the command for the active option or button)
41. SPACEBAR (Select or clear the check box if the active option is a check box)
42. Arrow keys (Select a button if the active option is a group of option buttons)
43. F1 key (Display Help)
44. F4 key (Display the items in the active list)
45. BACKSPACE (Open a folder one level up if a folder is selected in the
46. Windows Logo (Display or hide the Start menu)
47. Windows Logo+BREAK (Display the System Properties dialog box)
48. Windows Logo+D (Display the desktop)
49. Windows Logo+M (Minimize all of the windows)
50. Windows Logo+SHIFT+M (Restore the minimized windows)
51. Windows Logo+E (Open My Computer)
52. Windows Logo+F (Search for a file or a folder)
53. CTRL+Windows Logo+F (Search for computers)
54. Windows Logo+F1 (Display Windows Help)
55. Windows Logo+ L (Lock the keyboard)
56. Windows Logo+R (Open the Run dialog box)
57. Windows Logo+U (Open Utility Manager) Accessibility Keyboard Shortcuts
58. Right SHIFT for eight seconds (Switch FilterKeys either on or off)
59. Left ALT+left SHIFT+PRINT SCREEN (Switch High Contrast either on or off)
60. Left ALT+left SHIFT+NUM LOCK (Switch the MouseKeys either on or off)
61. SHIFT five times (Switch the StickyKeys either on or off)
62. NUM LOCK for five seconds (Switch the ToggleKeys either on or off)
63. Windows Logo +U (Open Utility Manager)
64. END (Display the bottom of the active window)
65. HOME (Display the top of the active window)
66. NUM LOCK+Asterisk sign (*) (Display all of the subfolders that are under the selected folder)
67. NUM LOCK+Plus sign (+) (Display the contents of the selected folder)
68. NUM LOCK+Minus sign (-) (Collapse the selected folder)
69. LEFT ARROW (Collapse the current selection if it is expanded, or select the parent folder)
70. RIGHT ARROW (Display the current selection if it is collapsed, or select the first subfolder)
71. RIGHT ARROW (Move to the right or to the beginning of the next line)
72. LEFT ARROW (Move to the left or to the end of the previous line)
73. UP ARROW (Move up one row)
74. DOWN ARROW (Move down one row)
75. PAGE UP (Move up one screen at a time)
76. PAGE DOWN (Move down one screen at a time)
77. HOME (Move to the beginning of the line)
78. END (Move to the end of the line)
79. CTRL+HOME (Move to the first character)
80. CTRL+END (Move to the last character)
81. SPACEBAR (Switch between Enlarged and Normal mode when a character is selected)
82. CTRL+O (Open a saved console)
83. CTRL+N (Open a new console)
84. CTRL+S (Save the open console)
85. CTRL+M (Add or remove a console item)
86. CTRL+W (Open a new window)
87. F5 key (Update the content of all console windows)
88. ALT+SPACEBAR (Display the MMC window menu)
89. ALT+F4 (Close the console)
90. ALT+A (Display the Action menu)
91. ALT+V (Display the View menu)
92. ALT+F (Display the File menu)
93. ALT+O (Display the Favorites menu)
94. MMC Console Window Keyboard Shortcuts
95. CTRL+P (Print the current page or active pane)
96. ALT+Minus sign (-) (Display the window menu for the active console window)
97. SHIFT+F10 (Display the Action shortcut menu for the selected item)
98. F1 key (Open the Help topic, if any, for the selected item)
99. F5 key (Update the content of all console windows)
100. CTRL+F10 (Maximize the active console window)

sumber : search google

cara Membuat blog terdaftar google search engine

Karena ada teman saya yang menanyakan tentang cara terdaftar di search engine seperti google, Maka saya memposting cara mendaftarkannya disini sekalian untuk berbagi informasi kepada sobat-sobat blogger semua.
Semua orang pasti ingin blog yang mereka punya di disukai dan dibaca oleh orang banyak. Dan salah satu faktor yang paling menentukan banyaknya pengunjung di blog kita adalah dengan masuknya blog kita ke dalam mesin pencari yang ada. sehingga ketika orang ingin mencari informasi yang berada di blog kita melalui mesin pencari, maka alamat blog kita akan terdaftar dalam list mesin pencari tersebut.
Pertanyaannya adalah, Apakah semua blog yang kita buat sudah terdaftar atau terindeks pada mesin pencari? Jawabannya Tidak. Sama seperti ketika kita ingin mendaftar di Sekolah atau universitas tertentu. Supaya nama kita termasuk dalam daftar di sekolah tersebut, maka kita harus mendaftar terlebih dahulu tentunya.
begitu juga dengan mesin pencari ini Supaya blog kita bisa terindeks di mesin pencari, kita harus mendaftarkan blog kita terlebih dahulu pada mesin pencari tersebut. Cara mendaftarkannya sebagai berikut ;
Cara mendaftar di Google
1. bukalah link berikut ini pada halaman baru http://www.google.com/addurl/
2. isi kolom URL dengan alamat blog yang anda miliki. contohnya seperti ini : http://ihsans.blogpsot.com
3. isi dengan keyword atau kata kunci yang berkenaan dengan blog yang anda miliki. misalkan blog anda berisi tentang chord gitar, maka isi kata kunci yang ada hubungannya dengan chord gitar.
4. klik tombol Add URL
5. Selesai
Note ; setelah mendaftar anda tidak langsung terindeks di google, bisa jadi dalam jangka waktu 3 sampai 4 minggu baru terdaftar. Apabila dalam 4 minggu belum juga terdaftar. Silahkan ulangi langkah pertama tadi.

sumber : ihsans.blogspot.com

Membuat Pop Art Image


Kemaren-kemaren banyak pesen ke facebook dan email saya yang minta dibuatin tutorial POP ART… setelah menimbang dan memutuskan akhirnya saya buatin juga deh tutorial pop art nya pake adobe photoshop tentunya Photoshop CS 3 lagi.. hehehe..


langsung aja ..


Buka gambar / foto atau Image yang akan dibuat pop art..



Double click layer background dan beri nama..



Buat layer baru, pindahkan ke paling bawah.. ini nanti fungsinya sebagai background.



Sekarang gukanan PenTool untuk menyeleksi objek yang akan dibuat POPArt.perhatikan settingan nya seperti gambar dibawah.



Kalo udah terseleksi semua.. klik kanan di area gambar pilih Make selection.



Gambar sekarang dalam keadaan terseleksi.. Karena kita mau menghilangkan background nya.. kita harus menyeleksi object di belakang gambar.. Klik Select > inverse , Lalu ketan tekan delete



hasil remove background :



Dulikat layer gambar atau layer object dengan menekan CTRL + J, otomatis akan terbentuk layer baru dengan nama Object copy.


Buat duplikat nya menjadi hitam putih.. tekan CTRL + SHIFT + U untuk desaturate ( membuat hitam putih ) atau klik Image > Adjustment > Desaturate.



Klik kanan layer object copy > Duplicate layer



karena kita pilih NEW maka akan terbentuk dokumen baru … ini nanti kunci untuk membuat popart nya..



di dokumen baru ..


klik Image > adjustment > shadow/highlight



*Shadow highlight ini fungsinya nanti untuk memberikan efek detail pada warna-warna yang gelap.. misal rambut..


Klik Image > Adjustment > Threshold



Geser-geser slidernya supaya dapet gambar yang bagus dengan detail yang bagus juga..


Klik Filter > Blur > Gaussian Blur



Klik Image > Mode > Grayscale



Klik Image > mode > Bitmap


Klik Flatten Layer



Halftone screen nya diset seperti dibawah :



bagus kan hasilnya..


Sekarang kita musti membuat Mode image menjadi RGB …


Klik Image > mode > Grayscale



Klik Image > Mode > RGB



Kalo udah jadi RGB sekarang kita bisa export ke dokumen yang sedang kita garap.. caranya ?


Klik kanan layer background > Duplicate layer , Dokumen nya pilih file dokumen yang sedang kita garap..



Keliatan background putihnya.. Trim bagian background putih nya..cara nge TRIM nya..


gerakan kursor mouse ke antara layer background dan layer object copy sambil tekan tombol ALT.


kalo udah keliatan ada 2 lingkaran putih dan hitam..klik .. itu namanya nge TRIm.. :D



kalo bener ngerjain nya background putihnya akan hilang..


Sekarang tinggal proses pewarnaan aja ..


Mewarnai cuman menggunakan Brush tool aja kok.. jadi gak ribet..


Buat layer baru di paling atas


Layer mode nya pilih MULTIPLY..


warna pake warna kulit sesuai kode di gambar


Warnai daerah muka dan badan, kalo ada tangan, warnain juga.



dengan cara yang sama , warnain bibir nya, jangan lupa buat layer baru yah



Sekarang warnain Highlight Rambut



Terakhir warnain baju nya



Sekarang warnain background nya… pilih layer paling bawah…


warnai pake Paint bucket TOOL , warna terserah aja ..sesuka hatimu lah hehehehe…



Dan hasilnya setelah di CROP :






Artikel Membuat Pop Art Image ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials



ilmuphotoshop.com

Fans Page “Like” Box

Fans Page “Like” Box adalah salah satu fasilitas dari situs jejaring sosial Facebook untuk menampung penggemar atau yang menyukai dan ingin mengikuti perkembangan dari seorang artis, musisi, perusahaan, organisasi atau sebuah web (website) atau blog (blogger).
Box Fans http://gsd-ahman.blogspot.com/

Cara membuat Box – Fans Page “like” this atau kotak bagi Penggemar blog/website yang link ke Facebook adalah sebagai berikut :

Login ke Akun/Account http://www.facebook.com kalau belum punya ya daftar dulu “gitu aj kok repot”

Setelah itu masuk ke menu/halaman untuk membuat Fans Page di : http://www.facebook.com/pages/create.php

Tampilannya seperti gambar di bawah ini :

Buatlah Fans Page sesuai yang diinginkan dari 2 pilihan :

Comunity Page : Membuat halaman komunitas untuk Fans “cara simple” contoh : Media-IT.co.cc lalu Create Community Page
Official Page : Membuat halaman dengan beberapa pilihan baik bisnis, merek, produk, organisasi, artis, band atau pilihan” lainnya. Contoh : pilih option Brand, product or organization trus pilih kategori website dan pada Page name masukkan namanya seperti gsd-ahman.blogspot.com Lalu klik button Create Official Page

Setelah Fans Page jadi “dibuat” so setelah itu gunakan pilihan Promosi Fans Page di situs web atau Tambahkan Like Box ke situs kamu untuk memberi cara orang untuk menemukan dan mengikuti Page dari blog/website kamu. Caranya ke halaman : http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like-box

Pada Facebook Page URL : masukkan URL dari Fans Page, misal : http://www.facebook.com/pages/Otakkacaucocc/175117862506031
Width : sesuaikan dengan space kosong yang kamu sediakan dari halaman blog “default 292″
Color Scheme : ada dua pilihan Light/terang dan Dark/gelap
Connections : jumlah Fans yang akan di tampilkan sisanya hidden tapi tetap ada dan terhitung
Stream : ini bila di cek list akan tampil info wall dari Fans Page
Show header : Untuk menampilkan Header Facebook
Setelah itu klik Get Code untuk mendapatkan kode yang akan di pasang di blog/website kamu.

Selesai :)


sumber : otakkacau.co.cc

Cara Memasang Widget IP di Blog

Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Sobat sekalian kali ini saya dapat ilmu baru dari sahabat aku Mas Dea http://www.tkjlover.web.id tentang pemasangan widget IP.


Saya yakin sobat sudah banyak yang tahu apa itu Widget IP. Ya benar Widget IP ini berfungsi untuk melacak alamat IP pengunjung dari blog kita. Selain itu juga bisa digunakan untuk melacak browser serta operating system yang dipakai oleh pengunjung blog kita.


Contoh demonya seperti dibawah ini:






Nah untuk mendapatkan tool seperti diatas, situs-situs diinternet banyak yang menyediakan. Salah satunya adalah http://www.ipnow.org


Berikut langkah-langkahnya:


1. Masuk kealamat ini http://www.ipnow.org


2. Kalau sudah cari tulisan Custom Graphical Info Image kemudian klik.


3. Pilih warna background dan text sesuai keinginan sobat.


4. Klik tombol Create My Image
5. Kemudian akan muncul scribt, kemudian copy scribt dibawah tulisan Linked Image yang akan kita pasang diblog kita nantinaya. Bisa di paste di notepad terlebih dahulu.


Kemudian langsung saja sobat masukkan scribt tadi di blog sobat. Saya yakin sobat sudah tahu cara memasukkannya, ya kan.....


Tapi disini tetap akan saya jabarkan cara pemasangannya.


1. Yang jelas pertama masuk dulu ke blog sobat.


2. Pilih Rancangan


3. Tata Letak


4. Klik Tambah Gadget


5. Cari HTML/Java Scribt, kalau sudah ketemu di klik saja.


6. Pastekan kode tadi didalam kolom konten


7. Simpan


Jadi deh... Mudah kan???
sumber : edu-sumber.blogspot.com