Selasa, 25 Oktober 2011

tips menjaga kesehatan tulang

Tulang adalah hal yang penting bagi tubuh kita, apabila tulang kita tidak kuat maka kondisi tubuh pun tidak kuat, untuk menjalankan aktivitas pun terganggu.

Setiap kali kita melakukan aktivitas setiap hari membuat tulang dan engsel-engsel nya menurun bahkan bisa merapuh, semakin berjalan nya usia semakin lemah kondisi tulang dan harus di jaga kondisi nya, agar kondisi tulang tetap stabil harus seimbang pengeluaran dan pemasukan gizi di dalam tubuh,

Ada beberapa tips untuk mempertahankan kekuatan tulang kita, seperti berikut :

1. Konsumsi lah makanan-makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memenuhi fungsi ini, yang terdapat pada sayuran berwarna hijau tua, brokoli, sardines, salmon, kerang,dan produk susu.

2. Usahakan tidak mengkonsumsi padi-padian penuh dan makanan tinggi kalsium di saat yang sama. Padi-padian penuh mengikat kalsium dan mencegah kelancaran penyerapannya.

3. konsumsi makanan yang berisi belerang. Yang terbaik terdapat pada garlic dan bawang.

4. Hindari makanan atau minuman yang mengandung fosfat seperti soft drink. Makanan dan minuman yang mengandung fosfat membuat tubuh kita mengeluarkan kalsium.

5. Kurangi atau hindari makanan dengan protein hewani yang tinggi. Makanan tinggi protein menyebabkan kalsium menguap dari tubuh Anda.

6. Kurangi konsumsi kafein.

7. Berolah raga rutin setiap hari. Latihan mengurangi berat badan, seperti lari, angkat beban atau menari, bagus untuk kesehatan tulang.

8. Konsumsi suplemen kalsium, magnesium dan vitamin D jika Anda tak yakin dengan pola makan yang biasa dilakukan.

9. beristirahat yang cukup

1 comments: